Rabu, 05 Desember 2012

Sabun Daun Sirih untuk Mencuci Vagina Menyebabkan KANKER?

“Daun sirih adalah produk Herbal yang cocok dan aman untuk mencuci vagina..”
Begitulah beberapa kalimat iklan sabun vagina dari daun sirih yang beredar di pasaran..
Masalahnya,,,Benarkah?

Dari berbagai penelitian,
ternyata Daun sirih mengandung zat yang bernama SAFROLE. Zat ini terbukti merupakan zat penyebab kanker atau yang sering disebut Karsinogen..
Kontak yang sering dan lama antara mukosa/lapisan dalam mulut, kerongkongan dan vagina dengan Safrole bisa membuat sel-sel mukosa mulut dan vagina mengalami radang dan mutasi genetik yang pada akhirnya akan mencetuskan kanker jenis Squamous Cell Carcinoma(SCC)..

Kenapa banyak orang tua jaman dulu masih sehat, walau sering mengunyah daun sirih?

Sama seperti kebiasaan merokok yang menyebabkan banyak sekali penyakit, namun masih saja bisa kita temukan orang lanjut usia yang ‘tampak sehat’ walau merokok sejak muda..

Sejatinya, Banyak diantara para perokok yang meninggal dalam usia yang relatif muda akibat penyakit-penyakit yang disebabkan rokok, tapi pasti ada sebagian orang yang ‘masih selamat’ dan ‘tampak sehat’..

Kerentanan untuk sakit dan terkena kanker, antara satu orang dengan yang lainnya sangat berbeda. Ada orang-orang yang mudah kena kanker, ada orang-orang yang sangat tahan terhadap kanker..

Fenomena mengunyah atau ‘nginang’ Daun Sirih juga menunjukkan hal yang sama..

Di India dimana kebiasaan mengunyah Daun Sirih adalah kebiasaan yang umum dilakukan oleh pria dan wanita, kejadian kanker mulut  atau oral cancer dan kanker kerongkongan atau kanker Esofagus -saluran dari mulut ke lambung- sangat tinggi..

Di Assam India,
Kanker Kerongkongan atau Oesophageal cancer menduduki peringkat pertama terbanyak pada pria, sedangkan pada perempuan menduduki peringkat ke 2 terbanyak..
Di banyak negara dimana penduduknya tidak mempunyai kebiasaan mengunyah atau ‘nginang’ daun sirih, angka kejadian kanker mulut dan kerongkongan jauh lebih rendah..
Lapisan mukosa vagina secara umum sama seperti mukosa mulut dan kerongkongan..
Jadi, penggunaan Daun sirih untuk mencuci Vagina, bisa meningkatkan resiko terkena kanker di Vagina..

Semoga Selalu Sehat,

@dr_BramIrfanda

Ingin konsultasi tentang kesehatan dengan kami? Follow @dr_BramIrfanda on Twitter  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklanseribu bloggratiss4u majelisrasulullah seribukatamutiara surgaweb sangrajamaya SERBA SERBI seribusayang 2billiontraffic4u sehatwalafiah SERIBU KAWAN FECEBLOG 4UI Free Backlinks echange de liens iklanwarga freebacklinks4u ANEKA VIDEO BUSANA MUSLIM freebanner4u